Pages

40 Tahun Internet



Usia teknologi internet yang mengubah dunia secara begitu dramatis dinyatakan genap 40 tahun pada tanggal 29 Oktober kemarin. Perayaan ultah internet berlangsung meriah di Amerika Serikat, di mana kelompok industri, periset dan para analis berkumpul di UCLA (University of California, Los Angeles).

Perayaan seharian penuh itu dipimpin oleh Leonard Kleinrock. Dia adalah profesor di UCLA yang pada tanggal 29 Oktober 1969, memimpin sebuah tim yang mengirim pesan antar komputer untuk pertama kalinya melalui ARPANET, yang adalah cikal bakal internet.

Momen tersebut diakui sebagai saat di mana internet dilahirkan. Dalam rilisnya, UCLA menyatakan internet saat ini telah mentransformasi komunikasi, pendidikan, budaya, bisnis dan hiburan di seluruh dunia dan membuat perubahan secara dramatis.

Kleinrock sendiri menyatakan, dulu ia tak pernah membayangkan munculnya Facebook, Twitter dan YouTube yang menggebrak dunia internet saat ini. "Internet telah memasuki seluruh aspek dalam kehidupan," tukasnya di hadapan ratusan orang yang menghadiri perayaan itu.

Meski demikian, ia juga prihatin dengan sisi gelap internet seperti merebaknya spam dan program jahat. Ia pun mengharapkan di masa depan, hal negatif itu dapat diminimalisir.

Selain even di UCLA, perayaan kelahiran internet juga akan diselenggarakan di Computer History Museum di Mountain View, California. "ARPANET adalah langkah krusial di dunia online yang saat ini telah menghubungkan hampir sepertiga populasi dunia," demikian keterangan dari pihak museum.

Dikutip itpopular dari detikINET, Jumat (30/10/2009), meski sudah berusia 40 tahun, inovasi di bidang internet diyakini masih berada dalam tahap awal. CEO Google, Eric Schmidt misalnya, meyakini akan ada perubahan radikal internet.

Schmidt antar lain memprediksi dalam 5 tahun ke depan, internet akan didominasi oleh konten media sosial yang dihantarkan dengan bandwidth super cepat secara real time. Selamat ulang tahun, internet!



{ 0 comments... read them below or add one }

handapeunpost